5 Bintang Paling Dekat Dari Bumi

Astronesia-Bintang merupakan benda langit yang memancarkan cahaya sendiri.
Menurut ilmu astronomi, definisi bintang adalah:
Semua benda masif (bermassa antara 0,08 hingga 200 massa matahari) yang sedang dan pernah melangsungkan pembangkitan energi melalui reaksi fusi nuklir.
Oleh sebab itu bintang katai putih dan bintang neutron yang sudah tidak memancarkan cahaya atau energi tetap disebut sebagai bintang.

Berikut ini 5 bintang yang paling dekat dengan Bumi :

1. Matahari


Matahari adalah bola raksasa yang terbentuk dari gas hidrogen dan helium.Matahari termasuk bintang berwarna putih yang berperan sebagai pusat tata surya.Seluruh komponen tata surya termasuk 8 planet dan satelit masing-masing, planet-planet kerdil, asteroid, komet, dan debu angkasa berputar mengelilingi Matahari.Di samping sebagai pusat peredaran, Matahari juga merupakan sumber energi untuk kehidupan yang berkelanjutan. Panas Matahari menghangatkan bumi dan membentuk iklim, sedangkan cahayanya menerangi Bumi serta dipakai oleh tumbuhan untuk proses fotosintesis.Tanpa Matahari, tidak akan ada kehidupan di Bumi karena banyak reaksi kimia yang tidak dapat berlangsung.

Inilah Bintang paling indah di jagat raya,karena tanpa dia kita jelas tak akan pernah ada :)

Berdasarkan penghitungan menggunakan Hukum Newton dengan melibatkan nilai kecepatan orbit Bumi, jarak Matahari, dan gaya gravitasi, diperoleh massa Matahari sebesar 1,989x1030 kilogram. Angka tersebut sama dengan 333.000 kali massa Bumi.Sementara itu, diameter Matahari adalah 1.392.000 kilometer atau 865.000 mil, sama dengan 109 kali diameter Bumi.

Matahari merupakan bintang yang paling dekat dengan Bumi, yaitu berjarak rata-rata 149.600.000 kilometer (92,96 juta mil).Jarak Matahari ke Bumi ini dikenal sebagai satuan astronomi dan biasa dibulatkan (untuk penyederhanaan hitungan) menjadi 150 juta km. 

2.  Proxima Centauri


Proxima Centauri adalah bintang katai merah yang terletak sejauh 4,2 tahun cahaya (3,97×1013 km) dari Bumi.Bintang ini terletak di rasi bintang Centaurus. Proxima Centauri ditemukan pada tahun 1915 oleh Robert Innes, Direktur Observatorium Union di Afrika Selatan.Bintang ini adalah bintang terdekat dari Matahari, meskipun terlalu redup untuk dilihat tanpa menggunakan alat bantu.

3. Alpha Centauri


Alpha Centauri (dikenal juga sebagai Rigil Kentaurus, Rigil Kent, atau Toliman) adalah bintang paling cerah dalam rasi Centaurus. Walaupun tampak seperti satu titik jika dilihat tanpa menggunakan alat bantu, bintang ini sebenarnya adalah sistem tiga bintang.

Alpha Centauri adalah sistem bintang terdekat dari tata surya kita, dengan jarak 4,2 sampai 4,4 tahun cahaya. Karena itu banyak cerita fiksi ilmiah membayangkan suatu hari manusia akan pergi ke sana.

4. Bintang  Barnard

http://astronesia.blogspot.com/

Bintang  Barnard dalah bintang katai merah bermassa sangat kecil yang terletak sekitar 6 tahun cahaya dari Bumi. Bintang ini terletak di rasi bintang Ophiuchus.

Bintang Barnard adalah bintang paling dekat di Ophiuchus.

5. Bintang Wolf 359


Wolf 359 adalah bintang katai merah yang terletak di konstelasi Leo, dekat ekliptika.Berada pada jarak sekitar 7,8 tahun cahaya dari Bumi.Bintang ini memiliki magnitudo tampak sebesar 13,5 dan hanya dapat dilihat dengan teleskop besar.

Blog ini adalah sajian berita Sains dan Teknologi yang kami kutip dari berbagai Sumber, jika anda menyukai dan mau dapatkan Update berita terbaru, harap ikuti blog ini dengan memasukan Email anda atau mengikuti Twitter/Facebook, dengan begitu anda secara otomatis akan mendapatkan Update Berita terbaru disini.


Share This Article Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya
Recommendation News close button
Back to top

9 komentar

Tambah komentar

wah gila, paling deket aja segitu jaraknya...

yg saya ingin tau bgd, apakah di galaksi lain selain bimasakti, ada juga yg namanya planet, terus apakah ada kehidupan seperti kita atau tidak yah..?

hehehe,, di galaksi lain ad juga planet gan,, cmn klo kehidupan blum ad yang tau sampe skarang :)

gw coba bayangin kalo gk ada tata surya, gk ada matahari , gk ada apa2 di dunia. terus merasakan apa yg ada di sini.

kalau ga ad tata surya dan matahari,kita mungkin juga ga ad gan :D

Jijur sj nasa sngat merahasiakan itu.tapi memang ada kehidupan disana namun sangat berbeda.mereka lebih maju dan sangatlah canggih.jadi untuk apa sombong hidup di dunia ini.tapi kita jangan patah semangat tetaplah berdoa kepada Tuhan yang Maha Esa karena yang menciptakan galaxy.sy sekarang ada di planet yang berbeda .

Maksudnya di planet berbeda gan?

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi Astronesia. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan.

Thanks For Your Comment Here
Powered by Blogger.