UY Scuti : Bintang Terbesar Kedua Yang Diketahui Saat Ini

http://astronesia.blogspot.com/
Ilustrasi

Astronesia-UY Scuti adalah bintang merah maha maharaksasa di rasi Scutum.Bintang ini adalah bintang terbesar kedua yang diketahui manusia setelah Bintang Westerlund 1 BKS AS dengan radius 1.708 ± 192 kali diameter Matahari atau sekitar  2.375.828.000 kilometer.

Jika bintang ini ditempatkan di pusat tata surya,maka diameter UY Scuti akan sampai pada setengah di orbit Saturnus dan menelan semua planet yang ada Jupiter.Bintang ini memiliki volume 5 miliar kali volume Matahari.

UY Scuti adalah salah satu bintang maha raksasa yang sangat terang.Bintang ini adalah bintang variabel semiregular dengan periode sekitar 740 hari.Bintang ini memiliki Magnitudo yang bervariasi dari waktu ke waktu disebabkan jaraknya yang jauh.


Bintang tersebut hampir sepenuhnya tertutup oleh debu dan gas yang disebabkan oleh ledakan,karena kepadatannya kecil,sehingga bintang ini tidak bisa lagi menahannya dengan gravitasinya sendiri.Mirip dengan bintang maharaksasa merah yang lebi kecil,Canis Majoris.

Karena hal ini, ukuran sebenarnya dari bintang ini masih diperdebatkan dan mungkin memiliki diameter yang lebih kecil dari perkiraan saat ini.

Baca juga :  Bintang Westerlund 1 BKS AS,bintang terbesar yang diketahui saat ini.

Blog ini adalah sajian berita Sains dan Teknologi yang kami kutip dari berbagai Sumber, jika anda menyukai dan mau dapatkan Update berita terbaru, harap ikuti blog ini dengan memasukan Email anda atau mengikuti Twitter/Facebook, dengan begitu anda secara otomatis akan mendapatkan Update Berita terbaru disini.


Share This Article Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya
Recommendation News close button
Back to top

3 komentar

Tambah komentar

Iya gan, tp memerlukan waktu jutaan tahun kedepan.

Bintang terdekat dari Bumi yang mau meledak itu Betelgeuse

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi Astronesia. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan.

Thanks For Your Comment Here
Powered by Blogger.