10 Fakta Menarik Antimateri


AstroNesia ~ Antimateri adalah materi yang terdiri dari antipartikel dari partikel yang menyusun materi biasa. Bila sebuah partikel dan antipartikelnya menyentuh satu sama lain, keduanya saling memusnahkan, artinya keduanya diubah menjadi partikel-partikel lain dengan energi yang sama menurut persamaan Einstein E=mc².

Antimateri tidak ditemukan secara alami di bumi, kecuali hanya dalam waktu sangat singkat dan dalam jumlah sangat sedikit (karena peluruhan radioaktif atau sinar kosmik).

Dan berikut 10 fakta menarik tentang antimateri.

1.  Anti Materi Juga merespon Gravitasi

Antimateri juga merespon gravitasi sama dengan materi normal. Seperti yang telah dicatat, antimateri dan partikel materi biasa memiliki massa yang sama tetapi berbeda dalam sifat, seperti muatan listrik dan berputar. Model Standar memprediksikan bahwa gravitasi harus memiliki efek yang sama pada materi dan antimateri.

2. Butuh Biaya Besar Untuk Membuat Sedikit Anti Materi

Kita membutuhkan biaya seratus miliar dolar untuk membuat satu miligram antimateri (jumlah minimum yang diperlukan untuk mengaplikasikannya dalam skala besar, seperti listrik atau mesin pendorong).

3. Mungkin Ada Partikel Yag Mengandung Antimateri dan Materi
 
Para ilmuwan mungkin telah menemukan sebuah partikel yang mengandung sifat materi dan antimateri.

4. Antimateri Seharusnya Memusnahkan Semua Materi Di Alam Semesta Setelah Big Bang.

Menurut teori, big bang seharusnya menciptakan materi dan antimateri dalam jumlah yang sama. Saat materi dan antimateri bertemu, mereka saling memusnahkan, meninggalkan tidak ada apa-apa kecuali energi di baliknya. Jadi pada prinsipnya, kita seharusnya tidak ada. Tapi kita ada.

Sejauh ilmuwan tahu,pasti ada satu partikel materi tambahan untuk setiap miliar pasang materi-antimateri. Fisikawan masih mencoba untuk memahami mengapa alam semesta tidak hacur dan mencoba menjelaskan kesenjangan ini.

5. Pisang Ternyata Mengandung Anti Materi

Pisang menghasilkan antimateri (satu positron setiap 75 menit). Tapi Anda masih dapat dengan aman memakan pisang. Mereka hanya sedikit mengandung radioaktif. Pantas Minion suka... BANANA!!

6. Manusia Hanya Menciptakan Sedikit Anti Materi

Jika materi dan anti materi dipertemukan, mereka akan melepaskan energi dalam jumlah besar. 1 gram anti materi dapat menghasilkan ledakan setara bom nuklir. Manusia juga menciptakan antimateri. Tapi jangan kuatir, mereka tidak bertahan cukup lama untuk bereaksi dengan materi biasa dan menjadi berbahaya. Manusia hanya memproduksi anti materi dalam skala kecil.

Semua antiproton yang dibuat di Fermilab Tevatron akselerator hanya berjumlah 15 nanogram. Yang dibuat di oleh CERN sekitar 1 nanogram. Pada DESY di Jerman, sekitar 2 nanogram.

7. Kekuatan Ledakan Anti Materi Yang Diciptakan Manusia 

Jika semua antimateri yang pernah dibuat oleh manusia dimusnahkan sekaligus, energi yang dihasilkan bahkan tidak akan cukup untuk merebus secangkir teh.

Masalahnya terletak pada efisiensi dan biaya produksi antimateri dan penyimpanannya. Membuat 1 gram antimateri akan membutuhkan sekitar 25 juta miliar kilowatt energi dan biayanya lebih dari satu juta miliar dolar.

8. Ledakan Anti Materi Terbesar Di Alam Semesta

Pada tahun 2009, antimateri memicu ledakan terbesar yang pernah tercatat di alam semesta. Ledakan itu adalah supernova SN2007bi

9.  Anti Materi Di Gunakan Dalam Pengobatan

PET (positron emission tomography) menggunakan positron untuk menghasilkan gambar tubuh dalam resolusi tinggi. Positron-pemancar isotop radioaktif (seperti yang ditemukan dalam pisang) melekat pada zat kimia seperti glukosa yang digunakan secara alami oleh tubuh. Ini disuntikkan ke dalam aliran darah, di mana mereka secara alami rusak, melepaskan positron yang memenuhi elektron dalam tubuh dan saling memusnahkan. Pemusnaha ini menghasilkan sinar gamma yang digunakan untuk membuat gambar.

10. Alam Semesta Antimateri Mungkin Ada

Dalam teori, alam semesta antimateri lain bisa ada. Banyak film fiksi, buku, komik, dll berurusan dengan teori ini. Misalnya Crime Syndicate dari The Justice League’s Evil Counterpart, berasal dari alam semesta antimateri.

Jangan lupa follow twitter kami di @Berita_astronomi

Sumber Berita Ini: 10 Fakta Menarik Antimateri

Blog ini adalah sajian berita Sains dan Teknologi yang kami kutip dari berbagai Sumber, jika anda menyukai dan mau dapatkan Update berita terbaru, harap ikuti blog ini dengan memasukan Email anda atau mengikuti Twitter/Facebook, dengan begitu anda secara otomatis akan mendapatkan Update Berita terbaru disini.


Share This Article Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya
Recommendation News close button
Back to top

1 komentar:

Tambah komentar

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi Astronesia. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan.

Thanks For Your Comment Here
Powered by Blogger.